Profil

Sekilas Tentang Prodi Pendidikan Biologi

Program Studi Pendidikan Biologi UIN SGD Bandung merupakan lanjutan dari prodi Tadris pada tahun 1987. Pada tahun 1997 Jurusan Tadris dibuka kembali dengan menerima mahasiswa dengan nama jurusan Tadris IPA yang kemudian melebur ke dalam jurusan Tadris Biologi. Prodi Pendidikan Biologi mulai menerima mahasiswa pada tahun 1998 dengan turunnya SK dari Dirjen Bimbaga Islam No : E/114/1998. Program Studi Pendidikan Biologi pertama kali diakreditasi pada tahun 2007 oleh BAN-PT, dan terakhir diakreditasi pada bulan Agustus tahun 2015 dengan predikat “B”.
Program Studi pendidikan telah menghasilkan lulusan yang umumnya bekerja sebagai pengajar baik di tingkat SMP/MTs, SMA/MA dan Perguruan Tinggi. Sampai dengan bulan juni 2016 jumlah lulusan prodi pendidikan biologi sudah mencapai + 700 orang.

Visi

Pengembangan dan penguatan Program Studi Pendidikan Biologi yang unggul dalam bidang pendidikan dan pengajaran biologi sesuai  dengan perkembangan sains dan teknologi serta menghasilkan lulusan yang profesional berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

 

Misi

Dalam rangka mewujudkan visi, misi Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, meliputi hal – hal berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran biologi yang berkualitas untuk meningkatkan kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik lulusan.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan dan pembelajaran biologi untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam bidang pendidikan dan pengajaran biologi untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki lulusan dan untuk meningkatkan kompetensi sosial lulusan.
  4. Menciptakan lingkungan pembelajaran yang ilmiah dan islami untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi kepribadian yang berakhlak mulia dan bertaqwa kepada  Tuhan Yang Maha Esa.
  5. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga lain yang relevan yang saling menguntungkan untuk meningkatkan kualitas lulusan.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan biologi yang memiliki kemampuan akademik dan profesional dalam bidang pendidikan biologi yang bernuansa islami.
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan biologi yang mampu mengembangkan mutu pendidikan biologi di sekolah dan madrasah.
  3. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Biologi yang memiliki keluhuran Akhlaq al-karimah dan kearifan spiritual.

Dosen

Program Studi Pendidika Biologi UIN SGD Bandung memiliki dosen tetap yang kompeten dalam bidangnya, 100% telah menyelesaikan studi program pascasarjana. Adapun Dosen Tetap Prodi Pendidikan Biologi terdiri dari 2 orang Doktor (S3), 16 orang Magister (S2). Dari keseluruhan dosen yang ada di Prodi Pendidikan Biologi 10 orang diantaranya adalah dosen profesional yang telah lulus disertifikasi.
Adapun dosen Tetap Prodi Pendidikan Biologi yaitu :

  1. Dr.Hj. Tuti Kurniati, M.Pd.
  2. Idad Suhada, M.Pd.
  3. Dr. Ara Hidayat, M.Pd.
  4. R. Ading Pramadi, M.S.
  5. Muhammad Muttaqin, M.Pd.
  6. Dr. Sumiyati Saadah, M.Si.
  7. Tri  Wahyu Agustina, M.Pd.
  8. Milla Listiawati, M.Pd.
  9. Meti Maspupah, M.Pd.
  10. Sri Hartati, M.Pd.
  11. Hadiansah, M.Pd.
  12. Iwan Ridwan Yusup, M.Pd.
  13. Asrianty Masúd, S.Si., M.Pd.
  14. Sri Maryanti, S.Si, M.Pd.
  15. Ukit, M.Si.
  16. Mar’atus Solikha, M.Sc.
  17. Astri Yuliawati, M.Si.
  18. Epa Paujiah, M.Si.