Perluas Jaringan Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FTK UIN SGD Bandung adakan Workshop Penyusunan Bahan ajar dan soal Serta Penandatanganan MoU Kerjasama dengan MGMP Biologi MA Provinsi Jawa barat

Hari ini Selasa 25 Februari 2020 bertempat di Gedung perpustakaan UIN SGD Bandung lantai 1 dilaksanakan kegiatan workshop penyusunan bahan ajar biologi terintegrasi nilai – nilai keislaman dan penyusunan soal – soal evaluasi berbasis High Order Thinking Skills (HOTS). Tidak Hanya workshop pada kegiatan ini juga akan dilaksanakan pendandatanganan Mou Kerjasama antara MGMP Biologi MA provinsi jawabarat dengan Prodi. Pendidikan Biologi FTK UIN SGD Bandung..

Kegiatan ini dihadiri oleh 58 guru biologi MTs dan MA MGMP Biologi Sejawabarat…

Turut Hadir dalam kegiatan ini dekan FTK UIN SGD Bandung , ibu Prof. Dr. Hj. Aan Hasanah, M.Ed, Ketua jurusan pendidikan MIPA, Bapak Drs.H. Idad Suhada,M.Pd, PLT Kepala Kantor wilayah Kementrian agama Provinsi Jawa barat Bapak Drs. H. A. Handiman Romdony, M.Si, ketua MGMP Biologi MA Provinsi Jawa barat Lalan Suherlan, S.Pd., M.Si Serta Para dosen Pendidikan Biologi FTK UIN SGD Bandung.

Dalam Sambutanya ketua mgmp biologi ma provinsi jawabarat Bapak lalan suherlan, S.Pd., M.si menyampaikan bahwa perlu merubah mindset guru biologi agar lebih baik lagi kolaborasi bertujuan meningkatkan kemampuan dan kompetensi sebgai guru

Selanjutnya Dalam Sambutanya Bapak PLT Kakanwil Kemenag Propinsi Jabar Drs. H. A. Handiman Romdony, M.Si Menyampaikan bahwa pembuatan soal selama ini para guru dmanjakan ujian madrasah biasa tinggal menyelenggarakan. mulai saat ini para guru mau tidak mau suka tidak suka harus bisa membuat soal. merupakan upaya yang luar biasa dari mgmp untuk dapat berkolaborasi dengan pt sebagai upaya menyikapi regulasi mgmp jawabarat bersinergi dengan ftk semoga dapat menjadi pencerahaan untuk kami. bagaimana membuat soal yang berkualifikasi baik yang membuat pemahaman pada siswa jangan sampai miskonsepsi dan kontroversial maupun kontrakonduktif. semoga langkah strategis ini d ridhoi Allah swt. edaran direktur kshk..ujian dadakan sekolah sehingga guru guru bio harus buat soal sehingga tidak ada satu pun sekolah madrasah yang tidk menggelar ujian karena tidak ada soal.

Dekan FTK UIN SGD Bandung Prof.Dr. Hj.Aan Hasanah, M.Ed dalam sambutanya mengungkapakan bahwa lptk sebagai mata air guru guru berusaha meningkatkan dan mendapat fedback dr guru guru terkait kurikulum. perkembangan eksternal sangat dinamis maka antisipasi perubahan perlu dlakukan agat tidak tertinggal. perubahan yang dinamis perlu d antisipasi dan respon..pilihannya adalah inovasi atau tertinggal..terus menerus mengembangkan kompetensi..pengetahuan ket dan kepripadian berkontribusi terhadap dasar pengembangan. mengembangan resiliensi (kelenturan) ubtuk beradaptasi dan merespon untuk menfhadapi turbulensi eksternal. ujian mandiri harus d siapkan oleh guru matpel sendiri (masingmasing). literasi teknolgi kita termasuk lambat termasuk untuk guru guru senior(konten, pedagogis,, konektifiti dengan siswa hebat) adaptasi dengan literasi teknologi menjadi masalah bersamabbersama bergandengan tangan untuk bisa berkolaborasi untuk antisipasi permasalahan yang dihadapi.

Kegiatan ini diakhir dengan pendantangan MoU yang dilakukan oleh Dekan FTK UIN SGD Bandung dengan ketua MGMP Biologi MA jawabarat yang di saksikan oleh PLT Kepala kantor wilayah kementrian agama Jawabarat..

Setelah pendandatanganan MoU maka dilaksanakan workshop dengan pemateri Bapak Drs. R. Ading Permadi, M.si ., Ibu Dr. Tri Wahyu Agustina, M.Pd dan dari tim Dosen Pendidikan Biologi FTK UIN SGD Bandung. Semoga dengan adanya Workshop dan Mou Ini dapat semakin memberikan kontribusi peningkatan penyelenggaraan pembelajaran biologi MA di jawabat.. #’NChie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *